ANTCO. Diberdayakan oleh Blogger.
Home » » Dakwah Yang Mempesona

Dakwah Yang Mempesona

"dakwah kepada Allah adalah cinta..." (da'watu ilallah al hubb)
begitulah Syaikh Abbas assisi pernah menyatakan.

dengan demikian dakwah merupakan pembuktian cinta kita kepada Allah dan tanda bahwa kita cinta pada manusia.

Dakwah  merupakan kata indah yang berasal dari kata  da’a- yad’u -da’watan, yang berarti seruan, mengajak, panggilan, mengundang ,  do’a dll.

secara sederhana dakwah bermakna , segala aktivitas yg mengajak manusia kepada agama Allah, yaitu Islam. Tentunya dengan cara yg hikmah.
dakwah yg hikmah tentunya akan melahirkan aktivitas dakwah yg "HIKMAH" pula

H: Hati,  Dakwah yang  menyentuh hati manusia, jika dakwahnya dilakukan dengan ketulusan hati, dan sepenuh hati dan sepenuh cinta.
I: Ikuti Sunnah (ihya'ussunnah), Dakwah harus dilakukan sesuai dengan sunnah nabi dan mengajak orang untuk mencintai sunnah nabi, jadi tidak mungkin kita berdakwah dengan cara-cara yg jahil
K: Komunikatif, Dakwah akan mudah dimengerti karena sesuai dengan bahasa masyarakatnya. sesuai kadar akal manusia, dan sesuai dengan kondisi masyarakatnya.
M: Manfaat, Maka aktivitas dan aktivis dakwah harus dirasakan manfaatnya untuk orang sekitarnya
A: Akhlaq, Dakwah juga harus dilakukan dengan akhlaq dan keteladanan
H: Harapan, dakwah akan melahirkan harapan dan optimisme akan hidayah dan masa depan yg gemilang, karena ia lahir dari keikhlasan dan keyakinan...

Dakwah adalah amalan dijalan Allah, menuju Allah, dan milik Allah. maka Allah pulalah yg  akan memberikan balasan yg sangat indah buat para pelakunya...

<span>Di antara keutamaan berdakwah di jalan Allah  </span>

1. Orang-orang yang berdakwah  adalah orang yangterbaik perkataannya

 وَمَنْ أَحْسَنُ قَوْلاً مِمَّنْ دَعَا إِلَى اللهِ وَعَمِلَ صَالِحًا وَقَالَ إِنَّنِي مِنَ الْمُسْلِمِينَ ]
“Siapakah yang lebih baik perkataannya daripada orang yang menyeru kepada Allah, mengerjakan amal yang shalih, dan berkata: “Sesungguhnya aku termasuk orang-orang yang menyerah diri?” (Fushshilat: 33)

 2. Dakwah  bisa menjadi amal yg lebih baik dari pada dunia dan seisinya.

 « … فَوَاللهِ لأَنْ يَهْدِىَ اللهُ بِكَ رَجُلاً وَاحِدًا خَيْرٌ لَكَ مِنْ أَنْ يَكُونَ لَكَ حُمْرُ النَّعَمِ » . “

….demi Allah kalau seandainya Allah memberi hidayah kepada satu orang lewat perantara kamu, maka itu lebih baik bagimu dari pada engkau memiliki unta merah.” (Muttafaqun’alaihi)

 يَا عَلِيُّ، لَأَنْ يَهْدِيَ اللهُ عَلَى يَدَيْكَ رَجُلاً خَيْرٌ لَكَ مِمَّا طَلَعَتْ عَلَيْهِ الشَّمْسُ » (رواه الحاكم في المستدرك

“Wahai Ali, sesungguhnya Allah swt menunjuki seseorang dengan usaha kedua tanganmu, maka itu lebih bagimu dari tempat manapun yang matahari terbit di atasnya (lebih baik dari dunia dan isinya). (HR. Al-Hakim).

3. Orang yg berdakwah  berarti  berada di jalan para Rosul

Wahai Nabi! Sesungguhnya Kami mengutusmu sebagai saksi (terhadap umatmu), dan pembawa berita gembira (kepada orang yang beriman) serta pemberi peringatan (kepada orang yang ingkar). dan juga sebagai da'i kepada  Allah dengan izinnyaNya; dan sebagai cahaya yang menerangi. dan (dengan itu) sampaikanlah berita yang menggembirakan kepada orang yang beriman, bahwa sesungguhnya mereka akan mendapatkan kurnia yang besar dari Allah.

dan janganlah engkau menurut kehendak orang kafir dan orang munafik dan janganlah engkau hiraukan usikan dan celaan mereka, serta berserahlah kepada Allah (memelihara keadaanmu); dan cukuplah Allah menjadi Pelindung (yang menyelamatkanmu).” (alahzab 45-47)

Katakanlah (Hai Muhammad): “Inilah jalanku: aku dan orang-orang yang mengikutiku berdakwah (mengajak kamu)  kepada Allah dengan hujah yang nyata, Maha Suci Allah, dan aku tiada termasuk orang-orang yang musyrik”. (Yusuf (12): 108).

4.  Mendapatkan pahala yg selalu mengalir

((مَنْ سَنَّ فِي الْإِسْلَامِ سُنَّةً حَسَنَةً فَعُمِلَ بِهَا بَعْدَهُ كُتِبَ لَهُ مِثْلُ أَجْرِ مَنْ عَمِلَ بِهَا وَلَا يَنْقُصُ مِنْ أُجُورِهِمْ شَيْءٌ وَمَنْ سَنَّ فِي الْإِسْلَامِ سُنَّةً سَيِّـئَةً فَعُمِلَ بِهَا بَعْدَهُ كُتِبَ عَلَيْهِ مِثْلُ وِزْرِ مَنْ عَمِلَ بِهَا وَلَا يَنْقُصُ مِنْ أَوْزَارِهِمْ شَيْءٌ)) (رواه مسلم عَنْ جَرِيرِ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ رضي الله عنه).

“Siapa yang mencontohkan perbuatan baik dalam Islam, lalu perbuatan itu setelahnya dicontoh (orang lain), maka akan dicatat untuknya pahala seperti pahala orang yang mencontohnya tanpa dikurangi sedikit pun pahala mereka yang mencontoh nya. Dan barangsiapa mencontohkan perbuatan buruk, lalu perbuatan itu dilakukan oleh orang lain, maka akan ditulis baginya dosa seperti dosa orang yang menirunya tanpa mengurangi mereka yang menirunya. (HR. Muslim dari Jarir bin Abdillah ra).

5.Dakwah  akan menyelamatkan  diri dari azab   

Dan tidaklah Tuhan kamu akan membinasakan satu negeri padahal para penduduknya  melakukan perbaikan 
(QS. Hud / 11:117)

(ingatlah) ketika segolongan di antara mereka berkata: “Mengapa kamu menasihati kaum yang Allah akan membinasakan mereka atau mengazabkan mereka dengan azab yang amat berat?” Orang (yang memberi nasihat) itu menjawab: “(Nasihat itu ialah) untuk melepaskan diri dari bersalah kepada Tuhan kamu, dan supaya mereka bertaqwa”.

maka ketika mereka melupakan (tidak menghiraukan) apa yang telah diperingatkan kepada mereka, Kami selamatkan orang yang melarang dari perbuatan jahat itu, dan Kami timpakan orang yang zalim dengan azab seksa yang amat berat, disebabkan mereka berlaku fasik (derhaka). (al-A’raf:163-165)

6.Dakwah ciri umat yang terbaik.

“Katakanlah inilah jalanku aku menyeru kepada Allah di atas ilmu dan orang-orang yang mengikutiku (begitu juga), dan Maha Suci Allah dan aku bukanlah dari orang-orang musyrik.” (Qs. Yusuf: 108), 

7. Orang yg berdakwah kan mendapatkan kasih sayang Allah

"Orang-orang yang beriman, laki-laki dan perempuan, sebagian mereka menjadi penolong bagi sebagian yang lain. Mereka menyuruh yang ma'ruf, mencegah dari yang munkar, mendirikan shalat, mengeluarkan zakat dan mereka ta'at pada Allah dan Rasul-Nya. Mereka itu akan diberi rahmat oleh Allah; sesungguhnya Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana." (QS. At-Taubah / 9:71)

8. Akan mendapat doa dari malaikat

قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: ((إِنَّ اللَّهَ وَمَلَائِكَتَهُ وَأَهْلَ السَّمَوَاتِ وَالْأَرَضِينَ حَتَّى النَّمْلَةَ فِي جُحْرِهَا وَحَتَّى الْحُوتَ لَيُصَلُّونَ عَلَى مُعَلِّمِ النَّاسِ الْخَيْرَ)) (رواه الترمذي عن أبي أمامة الباهلي).

Rasulullah saw bersabda: “Sesungguhnya Allah swt memberi banyak kebaikan, para malaikat-Nya, penghuni langit dan bumi, sampai semut-semut di lubangnya dan ikan-ikan selalu mendoakan orang-orang yang mengajarkan kebaikan kepada orang lain.” (HR. Tirmidzi dari Abu Umamah Al-Bahili).

عَالِمٌ عَامِلٌ مُعَلِّمٌ يُدْعَى كَبِيرًا فِي مَلَكُوتِ السَّمَوَاتِ
“Seorang yang berilmu, beramal dan mengajarkan akan dipanggil sebagai orang besar di kerajaan langit.
( Fudhail bin ‘Iyadh )

(Ismeidas Makfiansah)
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

Buku Tamu
Terima Kasih Sudah Mengunjungi Blog Kami, Silahkan Meninggalkan Pesan
  • Tulis Nama mu dengan lengkap
  • Tulis Asal Sekolah mu dan kelas berapa?
  • Tulis nama Akunmu satu saja
  • Berikan Alasanmu, pada pesan diatas

World News

Trending Topic

Post Fida Collection

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

  © Blogger template The Professional Template II by Ourblogtemplates.com 2009

Back to TOP